BAGAIMANA MEMBENAHI HUKUM EKONOMI DIINDONESIA

BAGAIMANA MEMBENAHI HUKUM EKONOMI DIINDONESIA

Hukum Ekonomi yang baik akan memberi dampak yang baik bagi perekonomian di suatu Negara. Ini dikarenakan hukum ekonomi memberikan sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya sesuai dengan hukum yang berlaku. Seperti Negara lainnya Indonesia pun memiliki hukum yang terikat, dimana didalamnya terdapat hukum ekonomi guna mengatur jalannya suatu perkonomian secara tersturktur.
Lalu apa sesungguhnya upaya yang dapat dilakukan untuk membenahi hukum di Indonesia? Menurut saya hal yang perlu dilakukan adalah pertama memperbaiki sistem perkonomian yang ada di Indonesia itu sendiri. Sistem perkonomian yang masih belum terarah dengan baik banyak menimbulkan kerugian bagi banyak kalangan, baik pengusaha maupun masyarakat sebagai konsumen. Oleh karena itu, diperlukan sistem perekonomian yang kuat untuk membuat perkonomian di Indonesia berjalan lebih baik.
Hukum atau peraturan perekonomian yang berlaku di setiap kelompok sosial atau suatu bangsa berbeda-beda tergantung kesepakatan yang berlaku pada kelompok sosial atau bangsa tersebut. Untuk negara yang ingin negaranya maju pesat dan tumbuh berkembang mendunia, mereka harus memperhatikan hukum perekonomian di negaranya.

Bagaimana dengan hukum ekonomi Indonesia? Hukum ekonomi Indonesia dibedakan menjadi 2, yaitu :
a) Hukum Ekonomi Pembangunan
Hukum ekonomi pembangunan adalah yang meliputi pengaturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi Indonesia secara nasional.
b) Hukum Ekonomi Sosial
Hukum ekonomi sosial adalah yang menyangkut peraturan pemikiran hukum mengenai cara-cara pembegian hasil pembangunan ekonomi nasional secara adil dan merata dalam HAM manusia Indonesia.

Hukum ekonomi dibuat seharusnya untuk menyejahterakan rakyatnya, contohnya adalah pasal 33 UUD 1945, yang berbunyi:
1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan.
2. Cabang–cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
3. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.

Namun apakah undang-undang ekonomi sudah dijalankan dengan baik? Menurut saya belum, karena di Indonesia masih banyak terjadi kasus korupsi, korupsi yang sudah merusak hukum ini, korupsi di Indonesia banyak dilakukan oleh pihak intern pemerintahan. Jika korupsi dilakukan oleh pemerintah dengan banyak memakan uang rakyat Indonesia, bagaimana Negara Indonesia akan maju jika korupsi sudah merajalela?
Jika sudah seperti ini, maka hukum harus ditegakkan, Jika terbukti ada pihak yang terbukti melakukan korupsi atau menyalahkan undang-undang ekonomi harus ditindak tegas, tidak pandang bulu apakah jabatan orang tersebut. Jangan sampai kasus-kasus korupsi ini ditutupi degan tirai kebohongan. Jika terus tertutup tirai kebohongan maka bangsa ini juga akan berkembang dengan kebohongan yang bisa menyengsarakan rakyatnya, rakyat miskin semakin miskin dan bukan tidak mungkin banyak tindak kriminal yang akan terjadi.
Kemudian dengan memberikan pendidikan dini untuk generasi muda yang nantinya akan menjadi pemimpin Negara. Generasi muda akan belajar tentang budi pekerti, keagamaan, agar menjadi pemimpin yang benar dan anti korupsi. Agar Negara Indonesia mempunyai pemimpin yang bersih dari korupsi, hentikan memakan uang rakyat. Uang yang dikorupsikan dapat dipakai untuk membantu masyarakat miskin di Indonesia agar seluruh masyarakat Indonesia dapat hidup dengan kecukupan.
Menurut saya untuk membangunkan gairah perekonomian di Indonesia bisa kita awali dengan cara mulai dari berpikir maju, ciptakan lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran, dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, semua dapat dimulai dari pribadi masing-masing masyarakat Indonesia nya sendiri. Mari kita berfikir positif dan membantu agar Negara Indonesia dapat terus maju.
Ciptakan Indonesia anti korupsi, dimulai dari diri kita sendiri. Maka secara sendirinya jika kita menerapkan hidup tanpa korupsi dari dini, maka kita sebagai generasi muda pemimpin bangsa akan mampu membenahi hukum ekonomi di Indonesia yang sudah semeraut ini.

Sumber :
http://www.bappenas.go.id/blog/?p=97
http://www.adipedia.com/2011/04/hukum-ekonomi-di-indonesia.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s