PENGANGGURAN MASIH TINGGI

PENGANGGURAN MASIH TINGGI
Angka pengangguran disejumlah daerah kian mengkhawatirkan. Ada kecenderungan pengangguran disejumlah wilayah masih tetap tinggi. Pemerintahpun melancarkan berbagai kiat untuk mengatasinya.
Dikabupaten lamongan, jawa timur, misalnya, jumlah pengangguran tahun ini mencapai 27 ribu orang. Angka ini mengalami peningkatan disbanding tahun sebelumnya yang jumlahnya sekitar 21.615 orang.
Menurut kepala dinas tenaga kerja transmigrasi dan social pemerintah kabupaten lamongan, imam trisno edy, peningkatan angka pengangguran itu disebabkan sejumlah factor, diantaranya tumbuhnya angkatan kinerja baru, terutama pascakelulusan sekolah.
Diprovinsi riau, pengangguran terbuka mencapai 250 ribu orang (5,17%) dari total 5 juta penduduk. Angka ini bisa terus bertambah jika digabungkan dengan tingkat pengangguran terselubung.
Tingkat pengangguran terselubung di riau pada 2012 sebesar 5,17%, agak lebih rendah memang dibandingkan pada tahun 2011, yaitu 7,17%.
Di NTT, badan pusat statistic setempat malah mencatat angka pengangguran bertambah sekitar 10% setiap tahunnya.
Adapun di klaten , jawa tengah, dan Cirebon, jawa barat, jumlah pencari kerja didominasi para lulusan sekolah tingkat atas.

Cara mengatasi
Untuk mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi, sejumlah pemerintah daerah melakukan berbagai langkah. Kepala disnaker riau nazaruddin mengaku pihaknya telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan pembinaan melalui unit pelaksana latihan kerja ataudulu dikenal dengan balai latihan kerja.
Dibali pemerintah setempat mengaku sudah menggandeng sedikitnya 50 perusahaan local dan internasionaluntuk mengatasi pengangguran.
Namun, berbagai upaya pemerintahuntuk mengtasi pengangguran mengundang kritik, terutama di daerah yang kaya sumber daya alam seperti riau.

Sumber :
Koran Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s