TARI TORTOR TIDAK BOLEH DIKLAIM MALAYSIA

TARI TORTOR TIDAK BOLEH DIKLAIM MALAYSIA

Kementrian Kependidikan dan kebudayaan menegaskan Tari tortor dan alat music gondang sambilan tidak boleh diklaim Malaysia sebagai budaya milik mereka. Pihaknya akan memastikan apakah negeri jiran itu benar-benar akan mengklaim atau hanya mempertunjukkan budaya asli masyarakatmandailing sumatera utara itu.
Jika tarian itu hanya dipakai atau diperagakan Malaysia di negerinya, tidak maslah. Tetapi kalau diklaim itu tidak boleh, harus diurus.
Jika ada tarian atau produk budaya Indonesia diperagakan bangsa lain, itu menjadi kebanggaan. Itu berarti Negara lain mempromosikan budaya kita sehingga dikenal lebih banyak orang.
Oleh karena itu, kita perlu penjelasan dari Malaysia, apakah tari itu diperagakan akan diklaim miliknya.
Wakil Mendikbud bidang budaya Wiendu Nuryanti menjelaskan gondang Sambilan merupakan alat music yang sacral, terutama bagi orang mandailing zaman dulu. Alat music itu dipercaya mampu memanggil roh nenek moyang untuk memberi pertolongan melalui medium Sibaso.
Lebih baik mendikbud menyelesaikan kisruh tari tortor dan gondang sambilan dengan cara membawa persoalan itu ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB ( UNESCO ).
Upaya ini agar persoalan serupa tidak muncul lagi di kemudian hari, karena klaim Malaysia terhadap kebudayaan Indonesia tidak terjadi kali ini saja. Sebelumnya, Negara itu juga pernah berencana mengklaim tari pendetberasal dari bali, tarian reog ponorogo, serta beberapa kebudayaan lainnya diindonesia.
Pemerintah harus bertindak cepat mematenkan semua asset-aset budaya dan kerajinan daerah ke UNESCO kalau tidak ingin Negara lain mengakui budaya kita sebagai milik mereka.

Sebelumnya kantor berita Malaysia bernama pada 14 juni 2012 melansir pernyataan menteri penerangan komunikasi dan kebudayaan Datuk Sri Dr Rais Yatim bahwa tari tortor dan alat music gondang sambilan akan diakui sebagai satu cabang warisan Negara tersebut. Kesenian itu akan didaftarkan kedalam seksi 67 akta warisan kebangsaan 2005.
Tetapi dengan syarat, pertunjukan berkala musti ditunjukkan. Bermakna tarian mestilah ditunjukkan. Paluan gondang dipelbagaikan dalam pertujukkan dikhalayak ramai.

Sumber :
Koran Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s