Jika Aku Menjadi Dosen

Cita-cita saya dari kecil itu menjadi seorang dokter, kebanyakan anak kecil itu bercita-cita menjadi seorang dokter. Tetapi setelah masuk SMA ternyata saya lemah di pelajaran biologi, sehingga saya dimasukkan kedalam jurusan IPS, dan tidak mengerti sama sekali istilah kedokteran. Saat kuliah saya mengambil jurusan ekonomi akuntansi. Setelah saya fikir kembali, saya tertarik untuk menjadi dosen, menurut saya profesi sebagai dosen itu adalah pekerjaan yang mulia. Kenapa saya katakana mulia, karena seorang dosen dengan senang hati membagi ilmu yang ia miliki untuk mencerdaskan anak bangsa. Profesi sebagai dosen dapat meluangkan banyak waktu untuk keluarga. Saya ingin menjadi dosen akuntansi, karena sewaktu SMA saya senang pelajaran ekonomi akuntansi.

Saya akan menjadi dosen yang mengajarkan budi pekerti yang baik, memberikan keteladanan kepada anak didik saya. Saya akan memberikan ilmu yang saya punya untuk anak didik saya agar menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa kelak. Saya akan memberikan ilmu saya dengan tutur kata dan bahasa yang baik, dan memberikan materi sesuai dengan SAP yang telah ditentukan.

Beriikut merupakan hal yang saya lakukan terkait dengan factor-faktor yang mempengaruhi harapan public, yaitu :

  1. Dalam hal fisik : pada hakekatnya seorang dosen bukan hanya memberikan ilmu pelajaran saja, tetapi juga mengajarkan kedisiplinan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, seperti tidak membuang sampah sembarangan, dan melarang merokok didalam ruangan , serta selalu menjaga ketertiban dalam lingkungan kampus.
  2. Dalam hal moral : saya akan menanamkan kode etik yang benar kepada anak didik saya, dan menanamkan sikap sopan dalam berbahasa maupun berperilaku, serta menciptakan suasana belajar yang nyaman.
  3. Dalam hal penilaian yang buruk : saya akan melakukan tugas saya sebagai dosen dengan sebaik-baiknya. Saya akan terus mengembangkan ilmu yang saya punya dengan terus belajar, sehingga saya semakin mengerti dan memahami serta menambah pengetahuan saya.
  4. Dalam hal pemangku kepentingan : saya tidak akan menjadikan profesi saya sebagai bisnis yang berorientasi kepada materi, tetapi saya menjadikan profesi saya ini sebagai bentuk pengabdian saya sebagai dosen yang memberikan ilmunya kepada anak didik saya yang kelak akan menjadi anak bangsa yang cerdas dan kreatif.
  5. Dalam hal ekonomi : saya tidak akan memaksakan anak didik saya untuk membeli buku baru, memang pada dasarnya belajar menggunakan buku itu akan jauh lebih mudah jika dibandingan dengan belajar tidak menggunakan buku, tetapi tidak harus dengan buku baru, buku yang lama pun tidak masalah bagi saya selama SAP yang digunakan masi sama.
  6. Dalam hal persaingan : saya akan menghargai anak didik saya, sehingga tidak terjadi sikap yang saling merendahkan dan saling tidak menghargai antar anak didik saya, sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri terhadap mereka.
  7. Dalam hal penyimpangan keuangan : saya tidak akan memanfaatkan situasi untuk mendapatkan keuntungan pribadi, misalnya seperti menjual buku.
  8. Dalam hal kegagalan tata kelola : saya akan mengganti jadwal pertemuan jika saya pernah tidak hadir untuk memberikan materi , karena tanggung jawab saya memberikan materi untuk anak didik saya agar mereka tidak ketinggalan materi.
  9. Dalam hal akutabilitas : saya akan memberikan nilai sesuai dengan kemampuan anak didik saya. Jika mereka kurang puas dengan hasil kemampuan mereka, maka saya akan memberikan tugas tambahan untuk menambahkan nilai mereka.
  10. Dalam hal sinergi : saya akan terus belajar dan belajar untuk melakukan perbaikan kualitas mengajar saya agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
  11. Dalam hal penguatan hukum kelembagaan : saya akan membuat peraturan dari awal pertemuan, batas keterlambatan ditentukan sesuai dengan kesepakatan bersama, daftar hadir mempengaruhi nilai, serta bagi yang terlambat tidak diperkenankan masuk.

Fitri Fidyani H – 22210829 / 4EB07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s